Cara Root Hape Android, Tips Trik Root Asus, Samsung, Sony, Advan, Lenovo, Xiomi, Evercoss, Huawei, LG, Acer, Smartfren, Oppo

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android Yang Wajib Kamu Tau

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android - Bagi kamu yang menggunakan HP Android, pasti sudah akrab dong dengan istilah root atau rooting Android? Apalagi kalau kamu gemar ngoprek HP Android. Tapi kenapa sih banyak orang yang ngerasa harus nge-root HP Androidnya, tapi ada sebagian juga yang takut dan ragu untuk melakukannya? Nah, kali ini Jaka mau kasih kamu pandangan lebih luas tentang root alias rooting Android. Inilah Kelebihan dan Kekurangan Root Android yang Wajib Kamu Tahu!

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android Yang Wajib Kamu Tau
Sistem operasi Android dilengkapi fitur keamanan yang cukup baik. Banyak data penting dalam sistem yang tidak bisa diakses oleh pengguna, dengan tujuan mengurangi resiko crash akibat terhapusnya data penting tersebut. Namun, jika kamu mau mengakses data-data tersebut untuk memodifikasi sistem agar berjalan lebih optimal, kamu butuh akses root. Banyak keuntungan yang didapat ketika kamu nge-root HP Android kamu. Namun, bukan berarti tanpa resiko juga. Makanya, Jaka sudah siapkan daftar Kelebihan dan Kekurangan rootAndroid yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan root Android.

Kelebihan dan Kekurangan Root Android yang Wajib Kamu Tahu


Kelebihan Root Android



1. Buang Aplikasi Bawaan (Bloatware) yang Nggak Berguna


HP Android umumnya memiliki berbagai aplikasi bawaan alias bloatware yang jarang banget kamu gunakan, atau bahkan nggak berguna sama sekali. Yang ngeselin, beberapa aplikasi bawaan ini nggak bisa dihapus dengan cara biasa, bahkan nggak bisa di-disable. Untuk menghapusnya, kamu butuh akses root Android.

2. Bikin Baterai HP Android Lebih Hemat dan Awet

Dengan akses root, kamu bisa melakukan beberapa hal yang bisa bikin kinerja baterai HP Android kamu lebih hemat dan awet. Salah satunya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi Battery Calibration. Cara kerjanya adalah menghapus file "batterystats.bin" yang terdapat dalam sistem.

3. Kinerja Android Lebih Ringan dan Ngebut

Kinerja HP Android kamu dapat dibuat lebih ringan dan ngebut dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan aplikasi Greenify yang dapat membuat RAM kamu jadi jauh lebih lega dan kinerjanya jadi makin ringan.

4. Memori Internal Jadi Jauh Lebih Lega

Saat ini, HP Android terbaru biasanya dibekali memori internal dengan kapasitas besar. Tujuannya, supaya bisa menyimpan banyak data sistem, aplikasi, serta data pribadi. Tapi bagaimana jika HP Android kamu keluaran lama, atau yang harganya murah meriah? Dengan akses root, kamu bisa membuang berbagai aplikasi bawaan yang bikin memori internal kamu penuh sesak, serta dapat memindahkan data-data aplikasi ke kartu memori dengan aplikasi Link2SD. Jadi, memori internal kamu jadi jauh lebih lega dan kinerja Android kamu pun akan semakin ringan dan ngebut.

5. Custom ROM Bikin Android Lebih Keren dan Unik

Kalau kamu bosan dengan tampilan HP Android kamu yang cuma gitu-gitu aja, atau pengen tampil beda denganCustom ROM, berarti kamu harus root Android kamu. Dengan menggunakan Custom ROM, tampilan Android kamu akan lebih keren, serta banyak fitur unik yang nggak tersedia di Android biasa.

Namun, di balik segala keuntungan root Android di atas, terdapat beberapa kerugian yang juga perlu kamu perhatikan. Jadi, kamu harus pikirkan matang-matang sebelum nge-root HP Android kamu, ya! Inilah beberapa kerugian yang diakibatkan root Android

Kekurangan Root Android


1. Garansi Hilang
Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis. Jadi, kalau terjadi error sistem atau bahkan kerusakan komponen, pihak produsen tidak bertanggung jawab.

Tapi kamu bisa mengakali hal ini dengan meng-unroot HP Android kamu sebelum dibawa ke service centeruntuk diperbaiki.

2. Kerusakan Sistem, Error, Bootloop, Softbrick, dan HardBrick

Bagi kamu yang sering ngoprek HP Android, pasti sudah nggak asing kan dengan istilah-istilah di atas? Intinya sih, jika terdapat kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem, atau bahkan mati total. Kegagalan root juga beresiko merusak komponen alias hardware HP Android kamu, loh! Yap, inilah salah satu resiko terbesar yang mengancam HP Android yang di-root.

Untuk mencegah resiko kegagalan yang terjadi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya memastikan baterai HP Android kamu terisi cukup penuh, men-download bahan-bahan root dari sumber yang terpercaya, memastikan bahan-bahan tersebut sesuai dengan tipe HP Android kamu, serta menjalankan setiap langkah dalam prosesnya dengan benar. 

3. Keamanan HP Android Menurun dan Terancam Malware

Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware. Namun, hal ini dapat dicegah dengan penggunaan yang benar, serta tidak men-download aplikasi Android secara sembarangan. Kalau kamu butuh aplikasi Android yang keren dan berguna, download aja di halaman Apps dan Games JalanTikus. Semuanya dijamin legal, gratis, dan aman dari malware.

Itulah berbagai Kelebihan dan Kekurangan Root Android yang wajib kamu tahu. Intinya sih, kamu harus paham cara melakukan root yang baik dan benar. Kalau kamu masih ragu-ragu, minta bantuan saja kepada teman kamu yang berpengalaman.

Terkait : Kelebihan Dan Kekurangan Root Android Yang Wajib Kamu Tau

close